Pasangan mulai berubah? Mungkin ini alasannya
Setelah hidup bersama selama bertahun-tahun, Anda pasti bisa membaca sikap atau tingkah laku kebiasaan pasangan Anda dan begitu pula sebaliknya. Karenanya, saat suami memperlihatkan tanda-tanda perubahan Anda pasti akan langsung mengetahuinya. Apa alasannya? Mungkin Anda bisa mengenali beberapa di bawah ini.

Bosan

Rasa bosan sering dialami setiap orang. Ketika rasa bosan melanda, seseorang bisa jadi menunjukkan perubahan. Kebanyakan orang yang sedang bosan menjadi pendiam dan malas untuk melakukan apa-apa. Seakan tidak semangat menjalani kehidupan.

Tidak puas dalam pernikahan

Seseorang mengalami ketidakpuasan dalam pernikahan karena banyak alasan. Alasan terbesarnya seringkali karena pelayanan dari pasangannya yang dirasa tidak cukup. Bisa jadi dia berubah karena merasa Anda tidak melayaninya dengan baik, kurang perhatian atau cuek dan suka marah-marah padahal dia sudah mengerahkan seluruh hidupnya untuk memberikan kepuasan bagi Anda dan keluarga. Kekecewaan inilah dapat membuatnya merasa tidak puas dengan pernikahan yang dijalaninya.

Tidak merasa dihargai

Segala usaha dan kerja keras yang dilakukannya tidak pernah dihargai, baik oleh atasan, istri maupun anak-anaknya sendiri. Hal ini dapat membuat sikapnya berubah pula.

Stres pekerjaan

Seseorang yang tertekan biasanya jiwanya ikut tergoncang dan menjadi labil. Kegalauan yang membebani pikirannya bisa jadi karena pekerjaan di kantor. Jika dia tertekan karena pekerjaan, jangan lagi menambah bebannnya dengan menyuruhnya ini dan itu. Ini hanya akan membuat sikapnya semakin berubah terhadap Anda.

Keuangan yang tidak teratur

Mungkin karena buruknya manejemen keuangan keluarga akibat keborosan Anda yang membuatnya merasa tidak pernah bisa cukup memenuhi kebutuhan keluarga. Bahkan dia harus selalu membayar utang karena Anda begitu boros dalam menghabiskan uang demi hal-hal yang tidak penting.

Tidak bergairah

Hubungan suami istri adalah bagian terpenting dalam pernikahan. Jika tidak berjalan dengan baik, kondisi ini juga dapat mempengaruhi kualitas hubungan Anda. Ini pun dapat menjadi alasan mengapa sikap dia mulai berubah terhadap Anda. Karena dia tak lagi merasa bergairah di atas ranjang bersama Anda.

Godaan wanita lain

Berhati-hatilah dengan yang satu ini. Di luar sana ada begitu banyak wanita yang siap menggoda suami Anda. Apalagi jika Anda tidak cukup membuatnya bahagia. Dia bisa saja berubah karena tergoda dengan wanita lain yang jauh lebih baik dari Anda.

Ketika mendeteksi perubahan pada pasangan Anda, jangan langsung menyepelekannya dan jangan pula menyalahkannya. Perubahannya bisa saja justru disebabkan oleh Anda sendiri. Segera komunikasikan, apalagi saat sudah mempengaruhi kualitas pernikahan Anda yang dapat berujung pada kehancuran pernikahan. Mulailah memperbaiki keadaan termasuk mengubah diri Anda menjadi menjadi istri idaman yang terbaik bagi dirinya.

Sumber : keluarga.com
Cinta Ayah Pengaruhi Perkembangan Anak
Tidak hanya ibu, anak pun membutuhkan cinta dari sang ayah dengan porsi yang sama besar. Ayah memainkan peran yang sama besarnya dengan peran seorang ibu dalam pertumbuhan anak.


Penelitian menunjukkan bahwa ayah sangat berperan besar dalam kemampuan berbahasa anak. Ketika ibu dan anak berkomunikasi, biasanya ibu lebih sering menggunakan kata-kata yang memang sudah anak mengerti . Sedangkan ketika berkomunikasi dengan ayah, biasanya kata-kata yang digunakan lebih bervariasi. Dari proses inilah anak mendapatkan kosakata lebih banyak lagi.

Raeburn melakukan penelitian ilmiah terkait hal ini, yang kemudian ia publikasikan dalam buku berjudul Do Fathers Matter. Raeburn juga menliti efek negatif yang mungkin timbul jika ayah nggak terlibat/dilibatkan dalam proses tumbuh-kembang anak. Raeburn pun menyarankan para ayah untuk selalu terlibat, bahkan sejak anak masih di dalam kandungan. “Janin nggak hanya pasif menerima nutrisi dari ibu, tetapi janin juga secara aktif mengirimkan sinyal keluar tubuh ibu. Kemampuan janin ini diperoleh secara genetik dari sang ayah,” jelas Raeburn.

Bagi remaja perempuan, mereka yang lebih jarang menghabiskan waktu bersama ayah akan mengalami pubertas lebih awal dibandingkan dengan teman sebaya yang lebih sering menghabiskan waktu bersama ayah mereka.

Jadi, siapa bilang masalah anak hanyalah urusan ibu? Yuk jadi Ayah Super / Bunda Super untuk anak-anak kita sekarang juga!
Inilah 10 Perkataan Wanita dan Maknanya
Wanita itu rumit, banyak makna dalam perkataan mereka. Bahkan apa yang sudah dikatakan pun bukan arti yang sesuai dengan apa isi hati mereka.


Cobalah pahami dengan sebaik mungkin. Bila perlu, hafalkan sepuluh perkataan yang dilansir dari Family Share berikut agar tidak salah paham dengan apa maunya wanita.

"Aku ngga apa-apa"
Ia sebenarnya tengah galau tapi enggan memberi tahu Anda. Respon yang paling tepat untuk menanggapi kalimat ini adalah,"Kamu yakin kamu ngga apa-apa?".

"Apa?"
Ini bisa jadi dua kemungkinan. Pertama, dia memang tidak dengar apa yang Anda ucapkan. Kedua, dia dengar tapi tidak percaya Anda mengucapkan hal tersebut.

Coba dengar baik-baik intonasi suaranya. Jika diucapkan dengan nada suara normal, biasanya yang terjadi adalah skenario pertama. Namun jika intonasinya mengentak, tegas, dan disertai alis mata yang berkerut, segera ubah pernyataan Anda sebelumnya.

"Iya, ngga apa-apa kok"
Percayalah, itu artinya dia merasa sebaliknya. Lihat juga nada suara dan bahasa tubuhnya. Jika menghindari kontak mata dengan Anda, maka segeralah perbaiki apa yang Anda lakukan.

"Aku kelihatan gemuk ya?"
Ini pertanyaan jebakan. Kalau jawab "iya", dia marah. Bila dijawab "tidak" pun dia mengira Anda berbohong. Maka itu segera cari jawaban lain yang membuatnya merasa cantik.


"Terserah!"
Dia marah.

"Saya mau bicara"
Persiapkan waktu dan kuping Anda. Apa yang akan dia ucapkan akan memakan waktu lama dan wajib didengarkan.

"Lima menit!"
Ini artinya Anda harus menunggu 20 menit lagi. Mulailah membaca koran, bermain gadget, atau apa pun yang bisa membunuh kebosanan.


"Ya"
Tergantung situasi, kadang artinya memang "ya". Tapi terkadang artinya "tidak".

"Tidak"
Sekali lagi, ucapan ini maknanya tergantung situasi. Kadang artinya memang "tidak" tapi acapkali artinya "ya".

"Silakan saja, lakukan apa yang kamu mau"
Stop.. Berhenti.. Jangan teruskan apa yang akan Anda lakukan. Dia sedang marah dan menguji Anda untuk menentang keputusannya.


Sebenarnya Siapakah Istri?

Orang selalu berkata, "ada bekas istri/suami, tapi tidak ada bekas anak atau bekas orangtua".
Seorang Profesor melakukan riset kecil kepada mahasiswa2nya yang sudah berkeluarga. Dia lalu meminta 1 orang mahasiswa untuk maju ke depan papan tulis.

Professor : "Tuliskan 10 nama orang yang paling dekat denganmu."
Lalu mahasiswa itu menulis 10 nama, ada nama tetangga, orgtua, teman kerja, istri, anaknya, saudara, dst.
Profesor : "Sekarang silahkan pilih 7 orang diantara 10 nama tsb yang kamu benar2 ingin hidup terus bersamanya."
Mahasiswa itu lalu mencoret 3 nama.
Profesor : "Silahkan coret 2 nama lagi." Tinggalah 5 nama tersisa.
Profesor : "Coret lagi 2 nama."
Tersisalah 3 nama yaitu nama ibu, istri & anak.
Suasana kelas jadi hening. Mereka mengira semuanya sudah selesai & tak ada lagi yang harus dipilih.
Tiba2 Profesor itu berkata : "Silahkan coret 1 nama lagi!"
Mahasiswa itu tertegun untuk sementara waktu. Lalu ia dengan perlahan mengambil pilihan yang amat sulit itu dan mencoret nama ibunya.
Profesor : "Silahkan coret 1 nama lagi!"

Hati sang mahasiswa makin bingung. Suasana kelas makin tegang. Mereka semua juga berpikir keras mencari pilihan yg terbaik. Mahasiswa itu kemudian mengangkat spidolnya & dengan sangat lambat ia mencoret nama anaknya. Pada saat itulah sang mahasiswa tidak kuat lagi membendung air matanya, ia menangis. Awan kesedihan meliputi seluruh sudut ruang kuliah. Setelah suasana lebih tenang, Sang Professor akhirnya bertanya kepada mahasiswa itu, "Kamu tidak memilih orang tua yang membesarkanmu, tidak juga memilih anak yang adalah darah dagingmu; kenapa kamu memilih istrimu? Toh istri bisa dicari lagi kan?"

Semua orang di dalam ruang kuliah terpana menunggu jawaban dari mulut mahasiswa itu. Lalu mahasiswa itu berkata lirih, "Seiring waktu berlalu, orang tua saya harus pergi & meninggalkan saya. Demikian juga anak saya. Jika dia sudah dewasa lalu menikah. Artinya dia pasti meninggalkan saya juga. Akhirnya orang yang benar2 bisa menemani saya dalam hidup ini, bahkan yang dengan sabar dan setia mendampingi dan mensupport saya saat tertatih dan terseok2 berjalan menghadapi himpitan kehidupan untuk meraih karir hanyalah ISTRI saya".

Setelah nenarik nafas panjang dia melanjutkan, "Orangtua & anak bukanlah saya yang memilih, tapi Tuhan yang menganugerahkan. Sedangkan isteri? Saya sendirilah yang memilihnya dari sekian milyar wanita yang ada di dunia".
Wahai Para Istri Jaga Suamimu dari Godaan Wanita Lain di Sosial Media!
Banyak sekali sosial media yang menawarkan berbagai kemudahan dalam berkomunikasi dengan siapapun dan dimana saja. Kemudahan serta fasilitas lain inilah yang terkadang membuat para suami tergoda untuk berbuat iseng, dari sekedar chatting hingga berlanjut ingin bertatap muka langsung. Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh seorang istri untuk mencegah suami berbuat iseng?


1. Buat kesepakatan dengan suami mengenai aktivitas chatting dengan lawan jenis

Anda harus mengatakan secara tegas kepada suami kalau Anda tidak melarang mereka ngobrol atau berdiskusi dengan teman perempuannya di sosial media. Ingatkan suami Anda jika si teman perempuan mulai curhat masalah pribadinya, sebaiknya ia segera menghentikan saja hubungan pertemanan di sosial media tersebut. Apalagi jika wanita tersebut curhat tak mengenal waktu sehingga terkadang mengganggu aktivitas kantor bahkan waktu istirahat Anda. Katakana pada suami untuk menyarankan wanita itu untuk curhat pada teman perempuannya saja. Berawal dari curhat, akan datang rasa iba, lalu suami Anda merasa tertantang untuk menjadi hero bagi perempuan itu. Jika tidak dihentikan, mungkin akan berakhir pada perselingkuhan yang membahayakan pernikahan anda.

2. Berteman dengan suami di sosial media

Jika suami anda tidak mengizinkan anda membuka HP nya, anda harus menggunakan cara lain yang lebih pintar. Ada beberapa istri yang merasa tidak perlu berteman dengan suaminya di sosial media, toh setiap hari juga ketemu di rumah, kalau mau berinteraksi ya langsung ngomong saja. Padahal dengan berteman di sosial media, Anda akan tahu aktivitas suami di sosial media, siapa saja temannya yang paling seri dikasih jempol atau komennya, bagaimana tingkat keakraban dia bersama temannya. Apakah ada status dank omen-komen yang kurang pantas dan mencurigakan? Anda bisa langsung memperingatkannya jika hal ini terjadi.

3. Chatting dengan suami di sosial media

Jika suami sedang dinas di luar kota atau sedang di kantor, ajak suami chatting, baik untuk menanyakan keadaannya, ingin dimasakkan apa, atau sekedar mengabarkan keadaan anak-anak dan situasi di rumah. Kirimkan foto-foto atau video anak yang lucu-lucu sehingga suami Anda merasa terhibur dan merasa diperhatikan dan tetap dekat dengan keluarganya. Jangan biarkan suami mengisi waktu luangnya ketika dinas di luar kota dengan chatting bersama wanita lain. Bahkan ketika suami sedang di kantor, sapalah dia di saat-saat jam istirahatnya. Bikin suami selalu ingat dan kangen pada anda sehingga ingin segera pulang ke rumah.

4. Kirimkan pesan-pesan nakal pada suami

Untuk tetap menjaga kemesraan seperti saat pacaran dulu, sesekali kirimi suami pesan-pesan yang nakal nan menggoda sehingga suami merasa ingin cepat-cepat pulang ke rumah bertemu dengan istri tercinta. Selain untuk menyegarkan dan menghangatkan hubungan, juga untuk mencegah suami pergi hang out sepulang kerja. Jangan biarkan ia merasa bosan dengan pernikahannya.

5. Tutup peluang selingkuh

Saat anda mendapati suami berkirim pesan mesra dengan wanita lain di sosial medianya, segera katakan pada suami kalau Anda tidak suka. Bila si wanita masih terus menggoda, minta dengan tegas pada suami untuk memutuskan pertemanannya dengan perempuan tersebut. Mintalah suami untuk menghapusnya dari daftar teman.

6. Jangan melakukan hal yang sama

Bila Anda tidak suka suami berinteraksi mesra dengan perempuan lain di sosial media, maka Anda juga jangan coba-coba melakukan hal yang sama. Iseng chatting dengan teman pria lain atau memberikan komentar yang iseng namun menggoda di status teman pria Anda. Apalagi jika ada teman pria yang terang-terangan menggoda, segera putuskan pertemanan kalau perlu di-block. Perselingkuhan biasanya dimulai dari keisengan yang kemudian makin berlanjut.

7. Doa

Pada akhirnya doa adalah senjata terbaik Anda. Selalu berusaha dan berdoalah pada Allah agar suami Anda terhindar dari godaan wanita lain karena sesungguhnya Allah yang menggenggam hati suami Anda, mintalah pada-Nya agar menjadikan suami Anda suami yang setia, baik dan soleh, yang bisa menjadi imam bagi Anda dan anak-anak.

Semoga tips tadi bisa memberikan manfaat dan menjaga pernikahan Anda supaya tetap harmonis dan bahagia. Cinta dan komitmen dalam ikatan suci pernikahan itu harus senantiasa dijaga, disiram, dan dipupuk supaya tetap tumbuh subur layaknya pohon yang kuat.


Ini 10 Alasan Mengapa Istri Berhak Dibahagiakan dan Suami Wajib Membahagiakan

Seorang istri tak hanya butuh hal-hal besar yang berkaitan dengan uang atau material, namun banyak hal kecil yang bisa dilakukan oleh para suami dapat membuat mereka para istri berbahagia dengan apa yang dilakukan oleh para suami mereka.

Mari kita tanyakan pada para istri, apakah benar hal-hal ini membuat mereka tersanjung dan merasa dimuliakan oleh suami?


1. Memuji Istri

Ucapkanlah dengan tulus walau hanya sekedar menyanjung dan berkata “masakanmu enak mah” atau “hari ini umi cantik sekali” walaupun ucapan seperti ini tidak setiap hari anda ucapakan, namun percayalah ini akan memotifasi mereka para istri untuk selalu menjadi yang terbaik bagi suami dan kelurga. Kalaupun masakan istri kurang enak, maka kritiklah dengan pujian, “mah masakanmu enak, tapi alangkah lebih enaknya jika besok ditambah garam, gula atau bumbu penyedap”

2. Memeluk istri

Tidak perlu malu, tak perlu gengsi, romantis bukan hanya milik pasangan muda saja. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa “Kekuatan Pelukan” luar biasa dahsyat bagi keutuhan dan keharmonisan keluarga. Disisi lain pelukan akan meningkatkan hormon kebahagiaan dan menekan hormon stress yang pada akhirnya membuat tubuh makin sehat. Punya istri manfaatkanlah, peluk dia, jangan cuma sekedar peluk guling tiap malam.

3. Pegang erat tangannya ketika berjalan

Kelihatannhya sepele, tapi perempuan akan merasa sangat dimuliakan dan dihargai ketika suami mau menggandeng erat istrinya ketika berjalan ditempat umum. Jangan sampai ketika anda (suami) berjalan istrinya masih tertinggal di parkiran.

4. Jangan Mudah Emosi

Stop jadi ngambekan, logikanya harusnya istrilah yang biasanya sering ngambek pada suami, karena seorang wanita lebih perasa dibanding pria. Jadi ketika ada persoalan, janganlah mudah melimpahkan kesalahan pada istri, terutama kaitannya dalam mendidik anak. Sebagai suami semestinya dituntut menjadi lebih dewasa dan tidak mendahulukan emosi, bersikaplah tenang (cool) dan berpikir utk mencari solusi.

5. Ucapkan terima kasih

Solusi Wanita Klik Disini
“Terima Kasih” dua kata sederhana tapi sangat sulit diucapkan. Bener ga? seberapa sering suami mengucapkan terima kasih sudah dilayani dengan baik oleh istri? jangan pikir menjadi seorang istri itu mudah dan bahkan penghargaa berupa ‘ucapan terima kasih” saja tidak pernah anda berikan. Jangan pernah punya pikiran dengan memberikan gaji bulanan, itu berarti kewajiban anda sudah selesai sampai disitu !

6. Memilihkan baju untuknya

“mah baju itu cocok dipakai mamah” , “istriku, kamu akan makin anggun dengan jilbab warna pink itu”, perlu anda ketahui, perempuan itu sering ribet banget kalau milih baju. Tapi jika suami yang memilkihkan, percayalah maka dia akan nyaman ketika memakainya. Selain memilihkan, jangan lupa juga dibelikan

7. Tawarkan bantuan

Ketika anda melihat istri sedang kerepotan atau bekerja cukup berat mengerjakan kerjaan rumah tangga. Janganlah sungkan untuk menawarkan bantuan pada mereka. jangan sampai ketika istri anda bekerja berat justru anda asyik2 tiduran atau nonton tv. Ga laki banget deh…

8. Minta maaf

Selain terima kasih, ada kata “maaf” yang seringkali sulit diucapkan. Dalam berumah tangga, menyatukan dua pikiran insan manusia tentu sering mengalami kendala dan gesekan. Jangan pernah malu untuk meminta maaf dan saling memaafkan, karena disitulah kunci keutuhan rumah tangga dapat terjaga.Pertengkaran hebat bisa mereda jika salah satu mau sedikit mengalah dan sekedar mengucapkan “Maaf”. kalau udah minta maaf aja tetep ga dimaafkan, ya ke laut aja, bahkan Tuhan aja maha pemaaf kok

9. Ajak istri jalan

Supaya tidak suntuk sesekali ajaklah istri nonton berwisata liburan, atau makan diluar, mau lebih adem dan murah meriah ajak mereka pergi ke pengajian, yang penting ada suasana baru di luar rumah supaya para istri tak melulu dihadapkan pada urusan pekerjaan rumah tangga.

10. Rayakan Ulang Tahunnya

Hanya ingat ulang tahun istri atau ulang tahun pernikahan saja sudah membuat mereka bahagia. Apa lagi anda mau memberikan sedikit surprise dengan membelikan kue ultah atau kado kecil sederhana pada perayaan hari penting mereka. Hal semacam ini akan membuat istri tersanjung dan merasa diperhatikan oleh suami. Sudahkah suami anda merayakan ulang tahun anda ?

Mungkin anda pria sibuk, pagi berangkat kerja, pulang udah capek langsung tidur, begitu terus rutinitas yang anda jalani. Apa sih yang kita cari? apa gunanya punya gaji besar tapi tak ada kebersamaan bersama anak istri? pandai-pandailah mengatur waktu, karena memang waktu adalah uang. Namun satu yang perlu kita tahu,keutuhan dan kebahagiaan keluarga tak akan pernah bisa digantikan/dinilai dari uang.